ANALISIS RASIO UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI MANUNGGAL SMPN 4 KABUPATEN MAJENE

  • Muh. Rezky Naim STIE Yapman Majene

Abstract

Penulis melakukan penelitian berjudul Analisis Rasio Untuk Menilai Kinerja Keuangan pada KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene dan menemukan permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Rasio Likuiditas untuk menilai Kinerja KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene dan Bagaimana Rasio Profitabilitas untuk menilai Kinerja KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene dan adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan yang dikelola oleh KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene dan Sampel dalam penelitian ini adalah data Laporan Keuangan KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene selama 2016 – 2019 yang berupa data Laporan Keuangan Koperasi ini selama 4 tahun yang diberikan pada saat penelitian. Langkah yang harus dilakukan dalam mengumpulkan data adalah Wawancara yaitu suatu bentuk perolehan data dengan cara berdialog langsung dengan obyek yang diteliti, dalam hal ini KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene, Observasi dilakukan dengan meninjau langsung obyek penelitian dan Studi Pustaka yaitu dengan membaca literatur-literatur yang ada                  di perpustakaan.

          Analisis data adalah suatu proses pengorganisasian dan mengurutkan data ke dalam pola, kategori, dan satuan uraian dasar sehingga dapat ditemukan tema dan dapat dirumuskan hipotesis  kerja seperti yang disarankan oleh data. Untuk menganalisis digunakan, data yang telah dikumpulkan dan diorganisasikan selanjutnya dianalisis untuk memperoleh kesimpulan yang tepat, pengumpulan data dan analisis data merupakan proses yang bersamaan dalam peneitian kuantitatif. Sebagai implementasi peneliti mengumpulkan data sesuai dengan masalah penelitian melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan adalah Mengumpulkan data-data yang dibutuhkan seperti laporan keuangan, Melakukan analisa rasio keuangan dan Melakukan analisis kinerja keuangan secara Time Series.

            Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan mengenai hasil perhitungan Ratio Likuiditas dan Ratio Profitabilitas yang dihasilkan KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene  adalah sebagai berikut Berdasarkan Rasio Likuiditas pada KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene diperoleh nilai persentase sebesar 4,09 bahwa kemampuan koperasi dalam kemampuan membayar hutang jangka pendeknya tidak baik dibandingkan dengan kemampuan daa memperoleh laba dan Berdasarkan Rasio Profitabilitas pada KPRI Manunggal SMPN 4 Kabupaten Majene yang diperoleh nilai persentase 7,15 bahwa kemampuan koperasi dalam memperolah laba lebih baik dai kemampuan membayar hutang jangka pendek.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang Riyanto dan Harmanto, 2009. Dasar-Dasar Pembelanjaan Koperasi, Edisi 4 dan Analisis Laporan Keuangan, Edisi 3 Yogyakarta: BPFE UGM
Book Sven Ake, 2009. Nilai-Nilai Koperasi Dalam Era globalisasi, Jakarta:.
Baswir Revrisond. 2012. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-UGM.
Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Akuntansi. Bandung: ALFABETA
Harahap, Sofyan Safri.2010.Analisis Kinerja Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hendrojogi dan Hendar. 2012. Koperasi Asas-asas Teori dan Praktek. Edisi Revisi.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
https://www.kajianpustaka.com/2012/12/rasio-profitabilitas.html
Kasmir, 2010. Analisis Laporan Keuangan, PT. Rzja Grafindo Persada.
Loen, Boy. 2008. Manajemen Aktiva Pasiva Bank Devisa. PT. Grasindo
Mariaty, Dewi. 2011.Analisis Kinerja Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) “Kekar” Pemerintah Kabupaten Ponorogo. ( http://lib.umpo.ac.id, diakses 2 Nopember 2013).
Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 3. Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gujarati, Damodar, 2003. Basic Econometrics. Fourth edition. McGraw-Hill Inc.
Harahap, Sofyan Syafri, 2006. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Helfert. E. A. 1991. Analisis Laporan Keuangan (terjemahan Herman Wibowo). Edisi 7. Penerbit Erlangga. Jakarta. Ikatan Akuntan Indonesia. 2004. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat. Indonesia Capital Market Directory, 2007. Indonesia Capital Market Directory, 2008. Indonesia Capital Market Directory, 2009. Indonesia Capital Market Directory, 2010. Indonesia Capital Market Directory, 2011.
Juliana, Roma Uly dan Sulardi. 2003. Manfaat Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Koperasi Manufaktur. Jurnal Bisnis & Manajemen. Vol. 3. No.2.
Kasmir. 2009. Analisis laporan keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Mamduh M. Hanafi dan Abdul Halim. 2000. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Meythi. 2005. Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Koperasi Manufaktur Yang Terdaftar di BEJ. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Meythi. 2005. Rasio Keuangan yang paling baik Untuk Memprediksi Pertumbuhan Laba Pada Koperasi Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. XI No. 2. September 2005.
Muljono Teguh Pudjo. 1999. Analisa Laporan Keuangan Untuk Perbankan. Edisi revisi 1999. Cetakan 6. Jakarta Djambatan. 1999.
Ni’mah, Ulin. 2011.Analisis Kinerja Keuangan Pada Koperasi BMT Bina Usaha Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. (http://lib.unnes.ac.id, diakses 25 Nopember 2013).
Subandi.2010.Ekonomi Koperasi (Teori dan Praktek).Bandung: Alfabeta.
Sugiyarso, Gervasius. 2011.Akutansi Koperasi: Sistem, Metode, dan Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Buku Seru
Suryani, Tatik, Sri Lestari, dan Wiwik Lestari.2008.Manajemen Koperasi: Teknik Penyusunan Laporan Keuangan, Pelayanan Prima dan Pengelolaan SDM.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sartono Agus, Manajemen Keuangan dan Aplikasi, Edisi Ketiga. Penerbit BPFE, Yogyakarta, 2000.
Sebardi Agus. Manajemen Keuangan, Edisi Pertama Penerbit UIPP YKPN, Yogyakarta, 2009.
Sawir, Agnes, 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan Koperasi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Syafri Harahap, Sofyan, 2008. Analisa Kritis atas Laporan Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Syamsuddin, Lukman, 2001. Manajemen Keuangan Koperasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Widyasari, Widhi dan Rodhiyah, Apriatni.2011.Analisis Rasio Likuiditas, Rentabilitas, dan Efisiensi Penggunaan Modal Kerja pada KPRI Mardisantoso Kebumen. (http://download.portalgaruda
Published
2021-02-27
How to Cite
Naim, M. R. (2021). ANALISIS RASIO UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA KPRI MANUNGGAL SMPN 4 KABUPATEN MAJENE. MALA’BI: Jurnal Manajemen Ekonomi STIE Yapman Majene, 3(2), 136-146. https://doi.org/10.47824/jme.v3i2.84